6 Candi Bersejarah di Jawa Tengah

 


Berbicara mengenai candi di Indonesia, Kami akan menjelaskan berbagai candi yang tersebar di Jawa Tengah, sebagai salah satu tempat bersejarah sekaligus destinasi wisata yang sering di kunjungi banyak orang.

 

Tahukah kamu!! Bahwa ada tempat yang merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO serta terpilih sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Tempat tersebut yaitu Candi Borobudur. Sehingga tak heran, jika tempat tersebut menjadi salah satu destinasi utama para wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

 

Namun, masih banyak candi-candi lain yang sangat unik dan juga penuh cerita bersejarah. Untuk mengetahui lebih banyak lagi informasinya. Kamu bisa membaca secara tuntas di bawah ini :

 

1.     Candi Borobudur

Borobudur yaitu sebuah candi bagi umat Buddha yang berada di Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini kurang lebih berlokasi 100 km di sebelah barat Kota Semarang. Candi ini berbentuk seperti stupa yang didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana mulai dari jaman abad ke-8 masehi pada masa kekuasaan wangsa Dinasti Syailendra. Borobudur yaitu sebuah candi atau kuil Buddha paling besar di dunia dan sekaligus salah satu monumen Buddha paling besar di dunia.

 

2.     Candi Prambanan

Sudah banyak yang mengenal sebagai Candi Roro Jonggrand, kompleks Candi Prambanan ialah kompleks Candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 Masehi.

 

Berdasarkan prasasti Siwagrha, diketahui bahwa candi ini mulai dibangun sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan, dan terus dikembangkan dan diperluas oleh Balitung Maha Sambu, pada masa kerajaan Medang Mataram. Dari prasasti ini juga diceritakan bahwa Candi Prambanan dibangun sebagai persembahan kepada Trimurti (tiga dewa utama dalam Hindu), ialah Brahma, Wisnu, dan Siwa.

 

Sempat terlantar dan kehilangan identitas sejarah, rakyat setempa mulai menciptakan legenda asal-usul dari keberadaan candi-candi di komplek ini dan lahirlah legenda rakyat Roro Jongrang.

 

3.     Candi Dieng

Berada di pegunungan Dieng, Candi Dieng yakni Candi Hindu yang beraliran Siwa dan diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-8 hingga awal abad ke-9.

 

Luas yang mencapai sekitar 1.8 x 0.8 km2, Candi Dieng dibagi dalam 3 kelompok dan 1 candi yang berdiri sendiri. Yang harus kamu ketahui juga!! Bahwa namanya diadopsi dari tokoh Mahabarata yaitu kelompok Arjuna, kelompok Gatotkaca, Candi Bima dan kelompok Dwarawati.

 

4.     Candi Arca Gupolo

Tentunya disini apakah ada yang sudah tahu tentang Candi Arca Gupolo?? Nama Gupolo sendiri diberi julukan oleh penduduk sekitar pada patung Agastya yang merupakan salah satu arca disana. Candi yang merupakan aliran hindu ini terdiri dari kumpulan 7 arca.

 

Di sekitar situs ini, terdapat sumber mata air yang sangat jernih yang tidak pernah kering walaupun pada musim kemarau panjang.

 

5.     Candi Gunung Wukir

Candi Gunung Wukir, Candi Canggal, atau Shiwalingga merupakan bangunan Candi di Magelang yang bercorak Hindu yang berlokasi di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

 

Buat kamu yang ingin mengunjungi destinasi candi ini, kamu harus menggunakan angkutan umum dari arah Kecamatan Ngluwar hingga menuju Desa Kadiluwih Dusun Canggal, dan kamu bisa berjalan kaki ke arah bukit sekitar 300 dpl.

 

6.     Candi Cetho

Candi cetho yang berada di lokasi Karanganyar, Jawa Tengah termasuk salah satu corak Hindu di Indonesia yang di bangun pada akhir era kerajaan Majapahit. Tak hanya menjadi ziarah para umat Hindu saja, melainkan pilihan area pemujaan pagi penganutnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Singkat Jawa Tengah